UNIVERSITAS WINAYA MUKTI (UNWIM) .................................................................. UNWIM EKSIS DINAMIS BERKUALITAS .................................................................. POLA ILMIAH BINA IPTEKS BANGUN LINGKUNGAN

Dosen Unwim Menjadi Peneliti dalam Kajian Phytomining Logam Emas

 

LATE POST: (26 Juli 2012) Wakil Rektor I Universitas Winaya Mukti (Unwim) Dr. Hj. Nunung Sondari, Ir. M.P. menjadi salah satu peneliti dalam kajian Phytomining Logam Emas dari Tailing Tambang Emas Rakyat Menggunakan Tumbuhan Lokal di Puslitbang Tekmira-Minerba ESDM. Peneliti-peneliti lain yang berpartisipasi pada kajian ini antara lain Prof. Ir. Eko Handayanto, MSc., PhD dari Universitas Brawijaya, Malang & Ir. Baiq Dewi Krisnayanti, MP., PhD. dari Universitas Mataram Lombok. Tak hanya itu, pada kajian ini hadir Chris Anderson, PhD yang merupakan ahli phytomining (ASGM) dari Messey University, New Zealand.

Kegiatan phytomining adalah menanam tanaman hiperakumulator pada limbah tambang logam berkadar rendah, dan kemudian memanennya dan membakar biomasnya untuk menghasilkan ‘bio-ore’. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa Lindernia crustacea (L.) F., Paspalum conjugatum L., dan Cyperus kyllingia Endl. merupakan tiga spesies yang berpotensi untuk digunakan sebagai fitoremediator Hg pada lahan pertanian yang tercemar limbah tambang emas rakyat yang mengandung Hg. Karena Hg merupakan bahan utama yang banyak digunakan dalam proses penambangan emas rakyat, maka tumbuhan tersebut diharapkan juga mampu mengakumulasi emas.