img

MAHASISWA PWK FTPA LAKUKAN KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA DI KECAMATAN BUAHDUA

rezki 08-06-2024

Sumedang - Hari ini mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik, Perencanaan, dan Arsitektur (FTPA) semester 4, melakukan kajian dan penelitian tentang “Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Berbasis Komoditas Unggulan di Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang". Kegiatan ini Menanggapi Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan. Sabtu (08/06/24)

Kegiatan ini juga mendapat sambutan hangat dari Bapak Camat Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Para mahasiswa, yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Achmad Saeful Fasa, S.T., M.T. dan Ibu Citra Artifiani Havianto, S.T., M.T., terjun langsung ke lapangan untuk melakukan kajian yang komprehensif.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa lebih cepat tanggap terhadap isu strategis kewilayahan baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu tata ruang atau perencanaan wilayah dan kota dalam mempersiapkan lulusan yang kompeten, unggul, dan berdaya saing.

Melalui penelitian ini, diharapkan strategi pengembangan industri rumah tangga di Kecamatan Buahdua dapat diidentifikasi dan dioptimalkan, sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal. Dengan demikian, para mahasiswa tidak hanya memperoleh pengalaman praktis yang berharga, tetapi juga turut berkontribusi dalam upaya percepatan pembangunan wilayah sesuai dengan arahan Perpres 87 Tahun 2021.