img

MAHASISWA UNWIM KKN TEMATIK LLDIKTI IV MENGIKUTI FESTIVAL TANJUNGSARI 2024

rezki 11-06-2024

Tanjungsari – Festival Tanjungsari digelar dengan meriah di Alun-alun Tanjungsari pada tanggal 11 Juni 2024. Acara ini secara resmi dibuka oleh Camat Tanjungsari, Bapak Deni Nurdani Supandi, S.STP, M.Si. Festival ini dihadiri oleh seluruh Kepala Desa di kecamatan Tanjungsari, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dari LLDIKTI IV. Selasa (11/06/24)

Salah satu yang menjadi sorotan dalam festival ini adalah partisipasi Mahasiswa UNWIM KKNT dari desa Tanjungsari. Mereka menampilkan hasil olahan dari bahan-bahan seperti daun bawang, seledri, dan sawi. Bahan-bahan ini merupakan bagian dari program KKNT desa Tanjungsari yang bertema "Optimalisasi Pemanfaatan Teras Hejo untuk Kemandirian Pangan". Program ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan-lahan hijau di desa tersebut guna menciptakan produk pangan yang bisa diolah menjadi camilan dan makanan siap saji.

Mahasiswa UNWIM memperlihatkan inovasi mereka dalam mengolah bahan-bahan tersebut menjadi berbagai produk yang menarik dan bernilai tambah. Produk-produk ini tidak hanya mencerminkan kreativitas mahasiswa, tetapi juga mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di desa Tanjungsari.

Dengan diadakannya Festival Tanjungsari ini, diharapkan dapat mendorong kreativitas mahasiswa KKNT dan memajukan UMKM di desa tersebut. Kegiatan seperti ini juga berfungsi sebagai wadah bagi masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan dan memperkuat ikatan komunitas.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kreativitas, tetapi juga menunjukkan sinergi antara pemerintah daerah, lembaga pendidikan, dan masyarakat dalam upaya mencapai kemandirian pangan dan kemajuan ekonomi lokal. Semangat dan partisipasi aktif dari berbagai pihak menunjukkan bahwa Tanjungsari terus berupaya menjadi desa yang mandiri dan sejahtera.