img

Seminar Tahap I: Menuju World Bee Day 2024 API dan UNWIM

rezki 07-07-2024

Asosiasi Perlebahan Indonesia telah memulai rangkaian acara menuju World Bee Day (WBD) yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus dengan mengadakan Seminar Tahap I. Seminar ini merupakan kegiatan pre-sesi yang diadakan setiap minggu melalui platform Zoom. Senin (08/07/2024)

Acara Seminar Tahap I ini dibuka oleh perwakilan dari Asosiasi Perlebahan Indonesia(API) Bapak Didi. Bertindak sebagai moderator adalah Bapak Kuntadi, yang memandu jalannya diskusi. Pemateri utama dalam sesi ini adalah Ibu Dr. Andi Gita Maulidyah, seorang akademisi dari Universitas Hasanuddin Makassar. 

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya lebah bagi ekosistem dan pertanian, serta memperkuat kerjasama antara akademisi, peternak lebah, dan masyarakat.

Dalam pemaparannya, Dr. Andi Gita Maulidyah membahas tentang "Prospek lebah Wallacetrigona Incisa sebagai Kelulut Unggul Indonesia". Beliau menjelaskan bahwa jenis lebah ini merupakan yang terbaik di Makassar dan Sulawesi pada umumnya. Lebah ini banyak ditemukan di daerah Sulawesi Barat dan Selatan, khususnya di pegunungan Bayu Balease, Pegunungan Dewata dan Pegunungan Latimojong

Seminar ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Universitas Winaya Mukti, Dinas Kehutanan, JF Perencanaan, Perhutani, CDKW, CDK serta berbagai kampus dari seluruh Indonesia. Kehadiran para peserta dari berbagai institusi ini menunjukkan antusiasme dan kepedulian yang tinggi terhadap keberlanjutan populasi lebah dan pentingnya peran dalam ekosistem.