img

3 Fenomena Langit Pada Tanggal 05 Juli 2020, Salah Satunya Gerhana Bulan Penumbra

M Maulana S 06-07-2020

Penulis Ellyvon Pranita | Editor Gloria Setyvani Putri KOMPAS.com -

Malam tadi 06-07-2020 tiga fenomena langit bisa Anda saksikan di sejumlah wilayah Indonesia. Ketiga fenomena tersebut adalah Bulan Purnama, Gerhana Bulan Penumbra, dan Konjungsi atau kesejajaran Bulan dan Jupiter. Berikut penjelasan rinci dari para ahli:

1. Bulan purnama Berdasarkan keterangan tertulis dari Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional (Lapan), fase purnama ini sebenarnya telah terjadi pada pukul 11.44 WIB. Fase bulan purnama ini dikenal oleh suku-suku asli Amerika awal sebagai Bulan Purnama Penuh. Hal ini dikarenakan rusa jantan mulai menumbuhkan tanduk baru mereka pada saat ini. Selain itu juga, bulan purnama di Bulan Juli ini disebut juga dengan Bulan Guntur Penuh dan Bulan Wort Penuh. Adapun, ketika purnama terjadi, Bulan akan berjarak 379.148 kilometer dari Bumi (pusat ke pusat) dengan diamater tampak sebesar 31,5 mnenit busur.

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) Lihat Foto Foto pengamatan gerhana bulan penumbra pukul 02.58 WITA, Sabtu (6/6/2020)(Balai Pengelola Observatorium Nasional, Kabupaten Kupang, NTT) Dijelaskan oleh astronom amatir Marufin Sudibyobahwa Gerhana Bulan Penumbra (GPB) ini mulai terjadi pada pukul 10.28 WIB. Waktu kejadiannya hampir bersamaan dengan Bulan Purnama, akan tetapi tidak dapat diamati dari seluruh Indonesia. Kata Marufin, magnitudo gerhana hanya 35 persen sehingga dengan teleskop pun akan sulit diidentifikasi kecuali oleh pengamat yang berpengalaman. "Nyaris tak bisa dibedakan dengan bulan Purnama biasa jika tidak memakai alat bantu optik," kata Marufin kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020). Untuk diketahui, GBP ini menjadi kali ketiga dari empat gerhana bulan di tahun 2020

3. Konjungsi Bulan-Jupiter Sedikit berbeda dengan dua fenomena langit sebelumnya, konjungsi atau kesejajaran bulan dan Jupiter ini akan terjadi pada tanggal 5 dan 6 Juli 2020. Itu berarti, fenomena gerhana bulan penumbra dan bulan purnama hanya bisa Anda saksikan hingga malam ini. Sementara kesejajaran Bulan-Jupiter bisa Anda saksikan hingga esok hari. Untuk waktu terbaik bagi Anda mengamati fenomena ini adalah ketika fajar bahari atau nautika, yaitu sekitar pukul 05.00 WIB, dengan jarak pisah 2 derajar dan pisisi Jupiter berada di sebelah Utara atau kanan dari Bulan.