img

Silaturahmi Alumni AIK-Fahutan UNWIM dalam Kegiatan "Rest Area ARGADIKA 2023"

M Maulana S 30-04-2023


Pengurus dan Anggota Argadika di seluruh Indonesia berkumpul dalam “Rest Area Argadika 2023” di Kantor SPTH Dishut Jabar Jl. Jatinangor pada Sabtu 29 April 2023 (Foto/Kang ASEP)

 

Rest Area Argadika, selain tempat rehat juga secara tidak langsung sebagai "Bengkel pengokohan jiwa korsa Rimbawan" dan "Membangun rasa tanggung jawab pada individu masing-masing" melalui sistem vouncher Argadika PD Jabar.

SINARPAGINEWS.COM, SUMEDANG - Ratusan Rimbawan yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) AIK-Fahutan Universitas Winaya Mukti (UNWIM) ARGADIKA di seluruh Indonesia hadir dalam acara silaturahmi dengan tajuk “REST AREA ARGADIKA 2023” yang digagas Pengurus Daerah (PD) Argadika Provinsi Jawa Barat Periode 2022-2026 bertempat di Kantor SPTH Dishut Jabar Jl. Jatinangor Kabupaten Sumedang, Sabtu (29/4/2023).

Acara dibuka dan dipandu (MC) oleh Ketua Pengurus Daerah Argadika Provinsi Jawa Barat Dr. Mulyaningrum, S. Hut. M.Si, tepat jam 10.00 WIB.

Ketua PD Argadika Provinsi Jawa Barat Dr. Mulyaningrum, S. Hut. M.Si kanan belakang berdiri (Foto/Kang ASEP)

 

Dalam penjelasannya, Mulyaningrum mengatakan bahwa Rest area adalah konsep persinggahan bagi siapapun para ARGADIKERS yang kebetulan mampir atau lewat atas aktivitas mereka dalam kegiatan arus mudik ataupun arus balik untuk melepas penat dengan cara menghibur diri seperti berkumpul bersama sahabat lama yang jarang bertemu, bernyanyi-nyanyi bersama atau sekedar minum-minum kopi agar badan fresh kembali, sambil bermaaf-maafan pasca hari raya idul fitri 1444 hijriah.

“Rest area selain tempat rehat juga secara tidak langsung sebagai "Bengkel pengokohan jiwa korsa" dan "Membangun rasa tanggung jawab pada individu masing-masing" melalui sistem vouncher ARGADIKA PD Jabar,” kata Mulyaningrum.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Argadika Ir. H. Epi Kustiawan, MP, menyampaikan apresiasi untuk Ketua dan Pengurus Argadika PD Jabar dan khususnya Ketua Panitia Rest Area ARGADIKA 2023 yang telah memfasilitasi sehingga Argadika bisa kumpul dan bersilaturahmi.

“Dalam susana masih Ramadhan pasca idul fitri 1444 hijriah, saya selaku Ketua Umum Argadika dan segenap Pengurus Pusat Argadika mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah, Taqobbalallahu Minna Wamingkum Shiyamana Wasiya Makum. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga hasil dari sebulan kita berpuasa Ramadhan ini, Insya Allah kita akan menjadi manusia-manusia unggul yang bertaqwa, aamiiin,” kata Epi mengawali sambutannya.

Simak video Ketua Umum Argadika: https://vt.tiktok.com/ZS8T911Wj/

 

Epi berpesan agar iman dan taqwa terus dipupuk dan dipelihara bekal dalam menjalani 11 bulan ke depan di luar bulan Ramadhan.

"Untuk itu dalam menjalani 11 bulan ke depan, mari kita tingkatkan kembali iman dan taqwa kita kepada Allah SWT,” ujarnya.


Ketua Umum Argadika Ir. H. Epi Kustiawan, MP dan Sekretaris Umum Ir. Maman Suherman, MM (tengah berdiri di belakang) bersama pengurus Pusat dan Pengurus Daerah Argadika (Foto/Kang ASEP)

 

“Alhamdulillah kemarin Argadika telah menyumbangkan dan menanam sebanyak 40.000 pohon di daerah Cibitung. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya kepada Kang Chepi dan Kang Boni,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Epi Kustiawan mantan Kadishut Jabar dan juga mantan Dosen Fahutan Unwim, menceritakan tentang suka duka sejarah tempat ini (Kantor SPTH Dishut Jabar) yang dulunya adalah tempat tinggal mess para dosen AIK/Fahutan Unwim.

“Saya sangat bersyukur karena sekarang dari alumni AIK/Fahutan Unwim telah lahir para pejabat eselon 2, esselon 3 dan para direktur/pimpinan di berbagai perusahan swasta khususnya di sektor kehutanan,” ujarnya.

Sebagai informasi, menurut Epi, Argadika telah membentuk Argadika Cipta Lestari dan telah lengkap perijinannya sebagai sarana usaha Argadika dan untuk menjalin kerjasama usaha dengan pihak-pihak lain.

“Jadi kalau rekan-rekan ada yang membutuhkan bendera untuk kerjasama usaha, Argadika Cipta Lestari silahkan bisa dipergunakan,” tuturnya.


Ketua Panitia Pelaksana Rest Area ARGADIKA 2023 Deni Sugandi, S.Hut (Foto/Kang ASEP)
 

Selanjutnya Deni Sugandi, S.Hut selaku Ketua Pelaksana Rest Area ARGADIKA 2023, dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan Rest Area ARGADIKA ini dirancang sebagai tempat rehat sejenak sambil ngopi dengan santai.

“Kita disini bercengkrama sambal nyantai, karena kita sudah penat dengan berbagai urusan-urusan resmi yang formal. Mudah-mudahan dengan acara ini bisa melepas lelah walau sejenak,” ujar Deni.

Harapan Deni, Rest Area ARGADIKA ini bisa menjadi trade mark PD Argadika Jabar dan akan dilaksanakan setiap tahun.

“Kegiatan ini bisa menjadi trade mark Argadika PD Jabar dan akan dilaksanakan setiap tahun. Saya mohon maaf kalau acara ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ini baru langkah awal mudah-mudahan kedepannya kita bisa perbaiki lagi dan perbaiki lagi. Dan berharap di tiap PD Argadika yang lain juga ada, sehingga Rest Area ARGADIKA ini bisa menjadi trade mark di setiap PD di seluruh Indonesia,” pungkasnya.


Asep Ruslan Presiden Paguyuban Asep Dunia (PAD) yang juga PD Argadika Jabar bersama Para "Srikandi Argadika" (Foto/Kang ASEP)

 

Ketua PD Argadika Jabar, di akhir acara kepada Sinarpaginews mengatakan, bahwa kegiatan Rest Area Argadika ini sebagai upaya pengurus membrand langkah awal dari sejumlah program kerja Argadika PD Jabar.

“Alhamdulillah kegiatan Rest Area ARGADIKA ini dibantu para junior yang dipimpin Kang Deni Sugandi, S. Hut telah sukses menghantarkan bak Sangkuriang, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan juga oleh pengurus PD Argadika di seluruh Indonesia,” ujar Mulyaningrum.

Pantauan Sinarpaginews dilapangan tampak hadir anggota dan pengurus Argadika dari beberapa provinsi di Indonesia diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Pekanbaru, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Bali dan Jawa Barat khususnya. (Kang ASEP)

Editor: Asep Ruslan