profile lppm

Struktur Organisasi

PROFILE LPPM

LPPM UNWIM adalah unsur pelaksana akademik di bawah Rektor yang melaksanakan sebagian tugas dan fungsi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dipimpin oleh ketua yang bertanggung jawab kepada Rektor dan dalam melaksanakan tugas dibantu oleh sekretaris LPPM.

Penelitian dan pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari tugas dosen di UNWIM. LPPM Unwim melakukan koordinasi, dokumentasi dan administrasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan dosen - dosen di lingkungan Unwim. LPPM UNWIM melaksanakan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sifatnya gabungan antar fakultas dan multidisiplin, sedangkan kegiatan - kegiatan penelitian yang dilakukan secara mandiri oleh dosen – dosen, fakultas - fakultas dan unit lain di lingkungan Unwim, alur dan prosedur administrasinya melalui LPPM UNWIM.

Dalam kegiatannya, LPPM UNWIM telah memiliki buku pedoman penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tertuang dalam RIP Penelitian dengan keputusan Rektor. Buku pedoman tersebut sebagai petunjuk operasional dan implementasi Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan internal LPPM UNWIM.


Visi, Misi & Tujuan LPPM Unwim

Visi

Menjadi lembaga pembaharu dan pengembangan masyarakat yang maju, mandiri dan bermartabat melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis  pemanfaatan nilai-nilai lokal  dalam pengembangan  ipteks.

 

Misi

  1. Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu maupun penelitian yang dapat diaplikasikan dan membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat berbasis pemanfaatan nilai-nilai lokal dalam pengembangan iptek
  2. Melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang menumbuhkan kemandirian dan kemanfaatan bagi masyarakat berbasis pemanfaatan nilai-nilai lokal dalam pengembangan ipteks
  3. Menjalin kemitraan kepada seluruh pemangku lintas instansi maupun masyarakat
  4. Aktif berperan serta dalam setiap kegiatan pembaharuan

 

Tujuan          

  1. Mengembangkan Ilmu pengetahuan dan keterampilan
  2. Menghasilkan karya penelitian dan ilmu pengetahuan yang mampu dimanfaatkan langsung oleh masyarakat luas, melalui penelitian yang berorientasi pada keunggulan sumberdaya local dan teknologi tepat guna
  3. Bidang Organisasi dan manajemen, bertujuan untuk melaksanakan (1) berbagai upaya yang dapat mendukung program peningkatan kinerja layanan berbasis mutu menuju peningkatan efisiensi dan produktivitas disertai dengan peningkatan kesejahteraan dan mutu sumber daya manusia, (2) Pengembangan jaringan kerja sama melalui tridharma perguruan tinggi yang mampu mewujudkan pemanfaatan sumber daya bersama secara optimal, produktif dan bermutu, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan mutu UNWIM.
  4. Bidang Infrastruktur dan fasilitas akademik, untuk meningkatkan mutu layanan demi mewujudkan posisi UNWIM pada standar mutu tingkat nasional.

 

Target Kerja dan Sasaran LPPM Unwim

RIP penelitian dan pengabdian kepada masyarakat LPPM UNWIM berdasarkan payung penelitian unggulan Universitas Winaya Mukti yaitu “Pembangunan kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal yang berkeadilan dan berkelanjutan, hasil analisis lingkungan dengan mempertimbangkan karakteristik wilayah pembangunan, Provinsi Jawa Barat dan common goals RPJMD Nasional dan Jawa Barat (di sektor infrastruktur wilayah, energi, air baku dan ekonomi pertanian). Dalam implementasinya payung penelitian unggulan UNWIM kemudian dijabarkan menjadi 3 kelompok atau klaster bidang ilmu, yaitu :

  1. Agroforest complect,
  2. Reka bangun perdesaan,
  3. Pengembangan bisnis ekonomi kreatif dan perdesaan.

Ketiga kelompok/kluster tersebut mencakup 7 bidang kajian utama, yaitu:

  1. Ketahanan dan keamanan pangan (food safety and security);
  2. Pengembangan energi baru terbarukan berbasis agronomi (new and renewable energy base on agriculture);
  3. Pengembangan keragaman hayati (biodiversity);
  4. Pengembangan infrastuktur, transportasi dan teknologi informasi (infrastructure, transportation dan information technology);
  5. Pengembangan masyarakat dan pengentasan kemiskinan (community development and proverty alleviation)
  6. Pengembangan bisnis dan pelaku bisnis yang kreatif dan berahlak mulia serta berdaya saing (human development and bisnis and competitiveness)
  7. Keikutsertaan mengembangkan Ipteks dalam pengelolaan lingkungan hidup dan keikutsertaan dalam kajian-kajian pengembangan tata ruang.