img

Pengalaman Terbaik Bekerja Sama Dengan Orang Asing

M Maulana S 19-06-2020

5 Pengalaman Terbaik Bekerja Sama Dengan Orang Asing

 

Bekerja keluar negeri memang belum pernah, tapi ditempat aku bekerja sekarang kebetulan atasannya dari luar negeri. Beliau ditugaskan dari perusahaan yang di Jepang untuk handle perusahaan yang ada di Indonesia. 

 

Pengalaman luar biasa , saya bekerja dibawah pimpinan orang asing , kebetulan banyaknya dari Jepang. Selama Bekerja dibawah pimpinan mereka aku pribadi banyak dapat pengalaman . baik dari segi ilmu pengetahuan, informasi lintas negara,  budaya, kebiasaan, makanan, dan bahasa.

 

Ada perbedaan diantara kita kalau bekerja dibawah pimpinan orang Indonesia, atau dibawah pimpinan orang  asing. Maksudnya orang asing itu dari luar negeri ya. Namun kita tidak lantas memandingkan, keduanya punya kelebihan dan kekurangannya. Kita bijak saja menyikapinya.

 

Apa saja manfaatnya kalau kita bekerjasama dengan orang asing? Dibawah ini beberapa manfaat jika kita bekerja dibawah pimpinan orang asing :

 

1. Bekerja sama dengan orang asing  kita bisa tahu nama kota di negara tersebut

 

Setidaknya kita jadi cari tahu asal pimpinan kita tinggal. Mungkin nama kota baru dinegara itu. Biasanya hanya tahu negaranya saja, untuk pengetahuan nama kota jarang , paling ibu kota negara yang utamanya. Aku sendiri sempet googling , asal beliau tinggal. Kalia aja nanti suatu hari nanti bisa kesana. 

 

2. Belajar Bahasa asing

 

 

 

Bukan belajar formal sebetulnya , ini otodidak . Seandainya lentiku punya pimpinan dari luar negeri atau orang asing , mau tidak mau kita mendengar beliau berbicara dalam bahasa ibunya. Memang menggunakan bahasa Indonesia namun belum pasih  itu pun harus  didamping translator, ada juga yang lancar.  Menurut aku sebuah penghormatan. Ketika ada kata-kata baru bisa jadi nambah kosakata kita walaupun sedikit.

 

 

3.  Paling seru ini Mengenai Budaya Kerja

 

Budaya kerja setiap negara punya perbedaan. Ini jelas terlihat kalau lentiku bekerja sama dengan Orang asing. Barulah disana kita bisa melihat , perbedaannya. Mulai dari cara berpikir , membuat keputusan , kemampuan manajerialnya. Ingat bukan membandingkan ya , hanya menganalisa. Tiru yang baiknya untuk pengayaan diri kita.

 

4. Menjadi duta wisata dadakan

 

Paling seru ini , kita orang Indonesia bisa ngenalin  wisata terbaim di Indonesia. Walau belum semua aku kunjungi. Setidaknya kalau aku update traveling di sosmed, pasti tanya

"Nurjanah san kemaren maen kemana ?"

"Borobudur ... San "

Tidak lama dari itu beliau berkunjung. Senangnya bisa promoin wisata indonesia.

 

5. Pemikiran yang lebih luas

Best point nya ini menurut aku pribadi.  Intinya ketika bertemu orang baru kita akan belajar sesuatu yang baru. Menuntut kita berpikir luas sekali. Bahwa dengan kita mendapatkan info yang banyak , bisa membuat kita lebih bijaksana, menurut aku ya lentiku.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya lentiku :)

How To  Manage Your'e Time in Your'e Office

Banyak mentolelir itulah aku, tapi dulu ya seiring berjalannya waktu berubah. Jaman ketika muda, karena sekarang udah nyesel lentiku. Banyak waktu yang terbuang cuma-cuma , alias waste time. Penting sekali  pengetahuan mengenai bagaimana menggunakan waktu seefektif mungkin. Sehingga waktu demi waktunya  punya value buat diri kita minimal dan selebihnya untuk lingkungan kita.

 

Tulisan ini  kolaborasiku bersama Bandung Hijab Blogger. Tema kali ini tentang Manajemen Waktu. Kali ini aku mau sharing beberapa point mengenai How to Manage Youre Time in Youre Life Especialy in My Office. Jujur  saja untuk time management dulu aku sedikit keteteran. Penyebabnya  banyak lentiku,  diantaranya kurang pengayaan diri, dan kurang pengalaman . Pengetahuan ku mengenai hal ini minim,  bagaimana mengatur waktu agar efektif dan bernilai memang belum  dikuasai. Awal-awal mulai bekerja , kayaknya tuh acak acakan aja. Sampai akhirnya rekan kerja Aku ajarin manajemen waktu yang baik bagaimana, beliau kasih note bukan yang sempurna tetapi yang baik. Sampai akhirnya aku terapkan di tempat kerja aku. Sekarang better dibanding dulu sekali . Ternyata seiring dengan kita belajar , kita mencari tahu , dan menganalaisa manajemen waktu akan tertata dengan baik.

 

Bagaiamana sebetulnya agar manajemen waktu kita tidak keteteran, simak yuk tips dibawah ini yang berdasarkan pengalaman pribadi 

 

 


Pertama yang harus dilakukan bikin agenda daily activity

 

Ini menjadi hal penting buat aku, menulis agenda adalah wajib apalagi ditempat kerja . Efek nya sangat membantu sekali. Sebetulnya tidak ditulis pun tidak apa-apa. Lentiku bisa catat di luar kepala,  Aku biasanya  tulis di note handphone,  tulisnyapun kadang  tidak detail, kalau lentiku mau detail silahkan itu akan lebih baik . Terpenting  adalah core daily acitiviy tercapai. Ini termasuk prinsip manajemen yang pertama planning. Planning disini  yaitu daily activity yang kita tulis.

 

Kedua cek tempo

 

Cek tempo versi aku maksudnya , cek pengerjaan sesuai planning, date line. Aku terrapin cek tempo pas pagi hari. Kalau dikantor Setelah bangun subuh, beres-beres rumah , cuci piring , nanak nasi , mandi dan berias , harus beres teng jam 6:45  karena jam 6:50 harus sudah berangkat kerja dan sampai kantor 7:20 WIB. Setelah sampe mulai 7:30 , saya kerjakan yang sudah tulis kemarin untuk dikerjakan hari ini. Menurut aku cek tempo atau durasi kegiatan kita penting , agar waktu kita tidak terbuang begitu saja.

 

Komitmen

 

Komitmen dengan apa yang kita rencanakan salah satu indikator yang mendukung terhadap  pencapaian time management yang kita buat. Bisa komitmen terhadap diri sendiri , akan lebih mudah menjaga komitmen untuk lingkungan luar. Kembali ke planning awal , jalankan dan selesaikan. Kunci utama itu, komit dengan yang kita inginkan dan kita harapkan.

 

Pasang Min dan Max Target Time

 

Diselesaikan pasti, namun tidak selamanya yang kita rencanakan itu 100 persen berhasil atau sesuai rencana. Jadi minimal target itu penting juga menurut aku , sebagai obat hati. Walaupun sebetulnya no excuse, dalam sebuah perusahaan pencapaian target haruslah sesuai ketentuan perusahaan. Target 100 persen ya harus tuntas, bagaimanapun caranya. Target minimun berlaku dalam manajemen  setiap individu , ini nantinya akan jadi tolak ukur , step selanjutnya. Sedangkan maksimal target , memang jadi visi kita. 

 

Go With The Flow

 

Berencana memang manusia ahlinya,  Namun Maha Pencipta lah yang  berkehendak. Kita lakukan saja apa yang kita rencanakan, apa yang ingin kita lakukan sesuai planning awal. tidak perlu menjadi beban , jika ada beberapa hal belum tuntas , atau ada yang tidak sesuai rencana, because no bodies perfect in the world.  Hal yang penting adalah kita jalani saja segalanya sesuai plan awal. Positive thinking aja dan lakukan sesuatu bermanfaat untuk diri kita dan lingkungan sekitar.

 

Begitulah cara aku memanage waktu aku, dikesehariannya. Banyaknya ada di kantor karena sebagian besar waktu aku ada dikantor. Kantor sudah jadi rumah kedua.  

 

 

 

Kategori